Perbedaan Medium dan Big Bus Fasilitas, Kenyamanan dan Safety

Perbedaan Medium dan big bus atau bus 3/4 dan bus besar dari kapasitas tempat duduk, fasilitas, suspensi, akselerasi dan kelengkapan pengaman

Klik Pesan

perbedaan medium dan big bus Berbicara soal salah satu moda transportasi yang paling banyak digunakan, tentu jawabannya adalah bus. Selain bus, microbus juga kerap jadi pilihan moda transportasi seperti microbus Hiace (baca Hiace). Bus berbagai ukuran mulai dari bus kecil, medium dan big bus punya keunggulan masing-masing. Kali ini, Anda akan diajak untuk melihat lebih jauh mengenai perbedaan bus yang banyak beredar di Indonesia. Berbeda halnya dengan mobil yang sebagian besar di rakit di luar negeri, bus yang beredar di tanah air justru dirakit di dalam negeri oleh karoseri-karoseri lokal di Indonesia seperti misalnya karoseri Adiputro.

Pada dasarnya yang membedakan medium dengan big bus adalah pada kapasitas penumpang. Jika medium bus hanya menampung maksimal 28 orang penumpang maka big bus bisa menampung hingga 47 penumpang tergantung pada konfigurasi kursi bus yang dipilih. Baik medium dan big bus harus mempunyai performa mesin yang mumpuni untuk menjamin keamanan dan kenyamanan selama perjalanan. Tidak heran jika karoseri memilih cassis yang paling bagus untuk disematkan di bodi bus yang sudah mereka rakit dan desain sesempurna mungkin.

Perbedaan Medium dan Big Bus dari Segi Bodi Eksterior

Perbedaan Medium dan Big Bus Medium bus yang baru-baru ini diluncurkan oleh salah satu karoseri paling besar di Indonesia yakni Adiputro berhasil merebut banyak perhatian. Bus ini diperkirakan akan jadi idola banyak pengusaha jasa transportasi di tanah air yang menyediakan layanan sewa bus (baca sewa bus Jogja terpercaya). Bus medium ini dikenalkan dengan nama Jetbus CT untuk medium bus dengan 6 roda dan Jetbus MC2 untuk medium bus dengan 4 roda. Dari tampilan eksteriornya, medium bus besutan Karoseri ini memang sangat menawan. Pemilihan material bodi bus yang berkualitas mampu memperlihatkan keanggunan dan kemewahan bus ini. Selain itu, bodi bus juga dibungkus dengan cat bodi berkualitas terbaik agar terlihat lebih mewah dan berkilau. Tidak heran jika banyak pengunjung pameran yang terkagum-kagum melihat kemewahan bus medium ini pada ajang IIBT 2016 yang telah selesai diselenggarakan pada beberapa bulan yang lalu.

Dimensi bodi bus medium jelas lebih kecil jika dibandingkan dengan big bus. Lebih kecil berarti lebih sedikit jumlah penumpang yang bisa diangkut yakni hanya sekitar 18 orang saja. Namun, selain perbedaan dimensi bodi tersebut, tampilan eksterior kedua bus ini tidak jauh berbeda. Secara keseluruhan, medium bus yang banyak beredar di tanah air terutama besutan karoseri Adiputro banyak terinspirasi dari tampilan medium bus buatan luar negeri yang beredar di Jepang misalnya. Hal ini terlihat dari ketinggian bus medium Jetbus Adiputro yang cenderung lebih rendah jika dibandingkan dengan medium bus lainnya yang telah banyak beredar di Indonesia. Adiputro juga kembali menyedot banyak perhatian dengan menampilkan desain fascia depan yang cantik dan cerdas. Begitu halnya dengan tampilan pintu bagasi belakang yang terbilang unik menyerupai angkot zaman dahulu.

Berbeda dengan big bus yang mempunyai tampilan eksterior lebih gagah dan terlihat lebih tangguh. Pada big bus, desain eksterior bisa sangat bervariasi karena tergantung pada permintaan pembeli mengingat big bus dirakit di tanah air. Jadi, untuk jenis bahan material bodi termasuk cat dan juga kualitas kaca dapat dinegosiasikan sesuai dengan keinginan dan dana yang tersedia. Namun sebagian besar, big bus punya tampilan eksterior yang modern terutama jika karoseri yang bersangkutan banyak berkiblat ke luar negeri misalnya Jepang atau Eropa.

Desain Interior

Melangkah ke bagian dalam kabin, perbandingan medium dan big bus terkait desain interiornya juga tidak kalah menarik untuk diulas. Pada dasarnya, desain interior bus medium bisa sama mewah dan canggihnya dengan big bus. Jetbus medium buatan Adiputro misalnya terbukti dapat menyedot banyak perhatian karena tampilan desain interiornya yang elegan, modern dan terkesan mewah.

Tidak hanya menggunakan material jok penumpang yang berkualitas tinggi, tetapi juga dilengkapi dengan sejumlah fitur hiburan dan keselamatan yang canggih dan bermanfaat. Misalnya saja panel pada dasbor yang menggunakan LCD layar sentuh dan terkoneksi dengan sejumlah fitur hiburan terbaru. Di bagian kabin belakang pengemudi hingga ke kabin paling belakang, Adiputro menyematkan sejumlah layar hiburan berukuran kecil yang dapat menayangkan siaran TV dan juga film yang diputar melalui pemutar CD atau DVD yang tersedia.

Lalu, sebagus apakah desain interior pada big bus? Dengan jumlah kursi penumpang yang dapat mencapai lebih dari 50 untuk konfigurasi kursi tertentu, big bus juga didukung dengan desain interior yang tidak kalah menarik. Salah satu bagian dan desain kabin yang menyedot paling banyak perhatian adalah bagian kemudi. Dasbor yang terbuat dari perpaduan bahan kayu dan plastic memberikan sentuhan kemewahan tersendiri. Panel dasbor tersebut lengkap dengan berbagai fitur canggih terbaru yang mudah untuk dikontrol dan diatur.

Menginjak ke bagian kursi penumpang, tersedia deretan kursi dengan tinggi yang pas dan terbuat dari material terbaik untuk menjamin kenyamanan. Untuk medium bus yang mewah, tersedia layar di depan setiap kursi penumpang sehingga penumpang bisa menikmati berbagai sajian hiburan yang tersedia. Sebagian bus termasuk bus pariwisata (baca bus pariwisata) juga menawarkan koneksi internet WiFi yang bisa diakses dengan leluasa.

 Performa Dapur Pacu

Perbedaan medium dan big bus jelas terdapat pada bagian mesin sebagai dapur pacu. Cassis mesin yang disematkan pada medium bus lebih kecil kapasitasnya jika dibandingkan dengan big bus. Seperti misalnya medium bus Jetbus buatan karoseri Adiputro yang tampil dengan cassic Isuzu bertipe NKR 55. Cassis ini kerap dikenal sebagai Elf long wheel base (baca Elf). Cassis Isuzu NKR 55 bertipe 4JB1-TC dengan kapasitas sebesar 2.700 cc. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 101 PS dengan torsi maksimal sebesar 22.5 Kgm. Mesin juga dilengkapi dengan tangki bahan bakar dan sistem suplai bahan bakar berteknologi terbaru. Mesin ini dapat diandalkan di berbagai medan jalan termasuk di medan yang sulit.

Untuk mesin yang kerap disematkan pada big bus diantaranya adalah Hino RK8 dan berbagai varian cassis buatan Mercedes Benz seperti OH1521, OH 1526, OH 1525 dan juga OH1626. Berbagai varian mesin tersebut dapat menyemburkan tenaga maksimal yang besar. Bahkan, sebagian dapat menghasilkan tenaga hingga 330 PS. Jumlah tersebut tentu cukup mencengangkan. Mesin yang disematkan juga dilengkapi dengan fitur-fitur tambahan untuk menjamin performa misalnya sistem supensi terbaru, sistem suplai bahan bakar yang efisien dan irit serta sistem pengereman yang optimal. Dengan berbagai perbedaan yang cukup mendasar baik pada bodi eksterior, interior ataupun dapur pacu, baik medium ataupun big bus mempunyai target pengguna tersendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ini lah sedikit ulasan tentang Perbedaan medium dan big bus, semoga ber manfaat.

 

Tulis Komentar Anda

Tulis Komentar Anda

Produk Terlaris

Tulis Komentar Anda

Tulis Komentar Anda