Mesin Bus Mercedes Benz Terbaru 2017 OH 1521 E3

Salah satu mesin bus Mercedes terbaru yakni seri OH 1521 E3. Seri ini bisa dibilang salah satu idola pengusaha bus di tanah air karena kualitasnya.

Klik Pesan

Nama mesin bus Mercedes Benz tentu sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Salah satu raja otomotif dunia ini telah lama dikenal sebagai produsen kendaraan yang berkualitas tinggi dengan performa  mesin yang luar biasa. Selama puluhan tahun, Mercedes Benz telah banyak menelurkan produk unggulan baik di segmen mobil sebagai kendaraan pribadi ataupun di segmen bus sebagai moda transportasi umum. Jika berbicara soal bus buatan Mercedes Benz, tentu semua orang setuju bahwa bus tersebut pasti sangat aman dan nyaman untuk dikendarai. Meskipun dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan bus buatan pabrik lain namun hal tersebut sebanding dengan kualitas yang diberikan. Kali ini, pengguna bus di tanah air disuguhi dengan salah satu mesin bus Mercedes terbaru yakni seri OH 1521 E3. Seri ini bisa dibilang salah satu idola pengusaha bus di tanah air karena kualitasnya yang berada di atas rata.

Spesifikasi Mesin Bus Mercedes Benz OH 1521 E3

Sebagai bus yang paling bisa dihandalkan di berbagai medan termasuk medan yang sulit dengan tanjakan curam, Mercedes menjadi pilihan utama bagi pengusaha bus yang rela mengeluarkan uang lebih banyak demi kualitas. Kali ini, tersedia seri mesin bus Mercy terbaru yakni OH 1521 E3. Sebenarnya, seri OH 1521 sudah lama beredar di Indonesia dan mendapat sambutan hangat dari pengguna di tanah air. Dengan respon yang sedemikian rupa, Mercedes memutuskan untuk me-redesign seri tersebut dan diluncurkanlah seri OH 1521 E3.  ( baca mesin bus scania )

Mesin bus Mercedes Benz ini terlahir kembali dengan format yang lebih canggih dan ringkas. Seperti misalnya mesin OM 336 LA II dengan 6 siliner dan berkubikasi 6000 cc. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga yang tidak main-main dengan torsi maksimal hingga 660 Nm. Bukan hanya itu yang menjadi andalan seri ini melainkan juga adanya engine management baru yang memungkinkan mesin yang lebih kecil ini untuk memproduksi tenaga dengan jumlah yang sama besar dengan mesin lain yang lebih besar.

  • Tipe mesin yang digunakan adalah OM 924 LA Euro 3 dengan dilengkapi injeksi langsung, 4 silinder segaris, intercooler and turbocharger. Mesin ini merupakan mesin diesel dengan bahan bakar solar
  • Diameter langkah dari mesin ini adalah 106/136 mm
  • Untuk isi silindernya adalah 4.800 cc
  • Untuk daya maksimum yang dapat dihasilkan adalah 133 kW dan 210 tenaga kuda pada 2.200 rpm
  • Torsi maksimum yang dapat dihasilkan adalah 740 Nm pada sekitar 1480 hingga 1600 rpm
  • Terkait kopling, mesin ini menggunakan kopling jenis MF 295 Single Disc yang dilengkapi dengan servo hydraulic actuated
  • Sedangkan untuk transmisi dari mesin ini adalah 6 percepatan untuk maju dan satu untuk mundur
  • Kecepatan maksimal yang bisa dicapai oleh mesin ini adalah 120 km/jam
  • Untuk perbandingan giginya adalah 5.222/47.9
  • Untuk berat kosong dari bus ini adalah 15.000 kg
  • Terkait suspensi depan, bus ini menggunakan pegas daun yang dilengkapi dengan stabilizer dan juga peredam kejut
  • Sedangkan suspensi belakang menggunakan pegas daun dan juga dilengkapi dengan stabilizer dan peredam kejut sama sepert suspensi depan ( baca bus doubel Deck )

Keunggulan Chassis Mesin Bus Mercedes Benz OH 1521 E3

Bus ini tampil dengan sejumlah keunggulan yang patut diacungi jempot. Tidak heran sebagian besar penggunanya merasa puas dengan performa bus ini secara keseluruhan. Salah satu keunggulannya adalah adanya 3 ECU. Hal ini tentu keputusan yang tepat dari pabrik Mercedes Benz karena kebanyakan bus masih menggunakan 2 ECU. Keberadaan fitur ini memberikan jaminan yang lebih pada keselamatan penumpang dan juga keawetan mesin. Teknologi ini memungkinkan mesin bus Mercedes Benz untuk menurunkan tenaga mesin secara bertahap ketika mesin telah menyentuh batas temperatur tinggi yakni 97 derajat celcius. Seketika itu juga, alarm akan langsung berbunyi untuk mengingatkan pengendara agar lebih berhati-hati dan tidak memaksa mesin bus untuk terus meningkatkan tenaganya. Sebaliknya, pengendara harus menurunkan tenaga mesin. Namun, bila pengendara masih tetap bersikukuh untuk memacu bus hingga batas maksimal dimana suhu mesin mencapat 105 derajat celcius, maka bus akan mengalami overheating. Kemudian, bus tidak akan merespon pedal gas yang masih terus diinjak oleh pengendara. Bahkan, pada kebanyakan kasus, bus akan berhenti secara otomatis. ( baca mesin bus hino )

Jika dibandingkan dengan generasi terdahulu misalnya XBC 1518, maka seri ini memiliki lebih banyak keunggulan. Seperti misalnya ketika melaju di jalanan yang penuh dengan tanjakan. Bus ini terbukti mampu melaju dengan lancar tanpa terengah-engah. Bahkan, bus juga masih mampu dihandalkan ketika melakukan manuver di sebuah tanjakan tajam di wilayah perbukitan. Hal ini tentu menjadi salah satu keunggulan yang tidak mudah didapatkan dari bus produksi pabrik lain. Tidak heran jika Mercedes kerap diidentikkan dengan produsen bus mewah dengan performa di atas rata-rata.

Untuk aspek pengereman pada mesin bus Mercedes Benz berseri OH 1521 E3 ini, pengguna juga akan merasa puas. Hal tersebut karena adanya teknologi rem tromol dengan dua jalur udara disertai tekanan penuh. Teknologi ini memungkinkan  pengguna untuk menikmati rem pakem yang dapat selalu diandalkan di berbagai kondisi jalan baik di jalan yang kering ataupun licin dan basah. Suspensi pada bus ini juga terbilang memuaskan dengan adanya per daun yang dilengkapi stabilizer dan peredam kejut. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk merasakan sensasi berkendara yang lebih nyaman termasuk ketika melaju di jalanan yang rusak dan berlubang. ( baca daftar karoseri bus terbaik dan murah )

Mesin bus Mercedes Benz seri terbaru ini juga tampil dengan sederetan fitur-fitur khas yang membuatnya lebih unggul disbanding bus lain. Fiantaranya adalah fitur full air brake yang disematkan pada sistem pengereman. Fitur ini dapat meminimalisir terjadinya kejadian rem blong yang dapat mengancam keselamatan pengguna dan penumpang bus.  Fitur ini justru memungkinkan untuk pengereman otomatis ketika tekanan angina melemah. Selain itu, sistem pengereman dalam bus ini juga telah dirancang sedemikian rupa agar tidak mengurangi kenyamanan selama berkendara. Salah satunya adalah untuk menghindari penumpang terlempar kedepan secara tiba-tiba tiap pengguna atau supir bus menginjak rem pada kecepatan tinggi.

Fitur lain yang tersedia adalah Safety Starter Sensor yang terpasang di bagian pintu penutup pada ruang mesin. Fitur ini bertujuan untuk menjamin keselamatan mekanik yang tengah bekerja memperbaiki mesin bus. Jadi, ketika pintu mesin terbuka, maka mesin tidak akan bisa dinyalakan dari dashboard depan. Melainkan, harus dinyalakan langsung dari ruang mesin yang berada di bagian belakang.

Dengan spesifikasi mesin, fitur dan teknologi canggih yang membuat bus lebih aman dan nyaman untuk digunakan, maka mesin bus Mercedes Benz OH 1521 E3 tentu sangat layak untuk dijadikan pilihan utama. Dengan membeli bus ini, maka akan mudah bagi Anda untuk memikat penumpang.

 

Tulis Komentar Anda

Tulis Komentar Anda

Produk Terlaris

Tulis Komentar Anda

Tulis Komentar Anda

Call Now
WA
IM3
BB
Email
Email

0274-4340635
085729282928 081215541554
BBM: 230C5DC1