Mesin Bus Hino Terbaru 2017 : Flagship Bus Hino RN 285

Mesin bus hino RN 285 menjadi menjadi flagship dari produk Hino yang saat ini banyak bereda di tanah air dengan budget murah, anda bisa memilikinya

Klik Pesan

Mesin bus Hino, salah satu pabrikan kendaraan bermotor di Indonesia sekarang telah berkembang pesat dan menjadi salah satu yang paling disegani. Baik untuk bus ataupun truk, Hino kerap menjadi pilihan utama karena kualitas dan mesin dan chassisnya yang sudah tidak diragukan lagi. Hino dikenal mempunyai kemampuan yang tangguh untuk digunakan di berbagai kondisi jalan. Selain itu, Hino juga menawarkan harga yang cenderung lebih murah dibanding mesin lain dengan kualitas yang sama. Tidak heran jika Anda kerap melihat kendaraan ini berseliweran di jalan. Jadi, tidak salah jika Anda memutuskan untuk membeli mesin Hino terbaru 2016 untuk melengkapi koleksi armada bus pariwisata Anda.  ( baca daftar karoseri )

Spesifikasi Mesin Bus Hino Terbaru 2017 RN 285

Berbicara soal mesin bus hino terbaru, maka RN 285 menjadi salah satunya. Bisa dibilang RN menjadi flagship dari produk Hino yang saat ini banyak bereda di tanah air. Varian terbaru ini baru saja dirilis. Tidak lama setelah perilisannya, mesin ini segera mendapat perhatian luar biasa dari konsumen di tanah air. Tidak salah memang karena mesin varian ini mempunyai tenaga yang besar serta air suspension yang bisa diandalkan. Kedua hal ini penting untuk menjamin performa bus yang stabil dan kuat. Berikut adalah spesifikasi lengkap dari varian mesin RN 285:

  • Mesin mesin bus Hino RN 285 mampu menghasilkan kecepatan maksimal hingga 119 km/jam
  • Memiliki daya tanjak yang luar biasa yakni 35 derajat
  • Mesin ini bertipe diesel dan berbahan bakar solar dilengkapi dengan turbo charge intercooler dan common rail
  • Tenaga maksimum yang dapat dihasilkan adalah 285/2.500 (PS/rpm)
  • Torsi maksimal dari mesin ini mendapai 91/1.500 (Kgm/rpm)
  • Jumlah silinder dari mesin RN 285 adalah 6 dengan ukuran diameter dan langkah piston adalah 112 x 300
  • Tipe kopling yang digunakan adalah pelat kering tunggal dilengkapi dengan hydraulic operation
  • Untuk diameter cakramnya adalah 380 mm
  • Tipe tranmisi dari mesin ini adalah ZF6S1000BD
  • Tipe kemudi dari mesin ini adalah Integral Power Steering
  • Untuk minimal radius putarnya adalah 9.5 meter
  • Sumbu belakang yang digunakan adalah tipe Hypoid Gear dengan system Full Floating
  • Sedangan sumbu belakang yang digunakan adalah Reserve Elliot dan juga I-Section Beam
  • Untuk perbandingan gigi akhir di angka 4.300
  • Untuk sistem penggerak menggunakan jenis rear
  • Untuk jumlah ban yakni sebanyak 6
  • Mesin ini mempunyai air suspension yang dikengkapi dengan Double Acting Shock Absorber dan Stabilizer untuk kenyamanan tingkat tinggi di jalanan yang rusak
  • Dimensi kapasitas dari tangki bahan bakar solar mencapai 270 liter
  • Untuk jarak sumbu adalah 6.000 dengan total panjang yakni 11.670 mm sedangkan total lebar adalah 2.450 mm
  • Total tinggi bus yakni 2.020 mm dengan lebar jejak depan adalah 2.040 mm dan 1.820 mm untuk lebar jejak belakang
  • Untuk ukuran julur depan adalah 2.380 mm sedangkan julur belakang adalah 3.290 mm
  • Berat chasis bagian belakang adalah 3.820 kg sedangkan chassis depan adalah 1.600 kg
  • Untuk harga saat ini berada di kisaran 780 juta rupiah. Namun, harga mesin bus Hino ini dapat berubah sewaktu-waktu.

Jika melihat harganya, maka harga ini terbilang murah mengingat spesifikasi dan fiturnya yang sangat bagus. Bahkan, selisih harganya sangat sedikit jika dibandingkan mesin bus varian Mercedes OH 1526 yang kini sudah berada di harga 760 juta rupiah. Dengan harga yang terjangkau dan performa mesin yang tangguh, tidak heran jika mesin RN 285 ini mulai diminati oleh banyak pembeli. Sebagian besar konsumen menggunakan chassis dan mesin bus Hino ini untuk disematkan di bus regular dan pariwisata. Jika Anda masih pemain baru dalam pembelian mesin bus, maka ada tips mudah untuk Anda agar dapat mengenali mesin Hino ini. Caranya adalah dengan menghitung jumlah baut roda mesin. Mesin Hino yang keluar pada tahun-tahun sebelumnya hanya mempunyai 8 baut roda sedangkan untuk mesin terbaru ini memiliki 10 baut. ( Baca Hiace commuter dan elf Long )

Kekurangan Mesin Bus Hino RN 285

Seperti halnya mesin bus yang lain, mesin Hino yang terbaru ini juga mempunyai kekurangan yakni penggunaan chassis dengan tipe ladder frame. Akan lebih bagus sebenarnya jika Hino menggunakan modular chassis karena tipe chassis ini mampu memberikan keleluasaan dibanding tipe ladder frame. Namun, jika dilihat dari harganya, maka Hino masih akan merajai pasar tanah air karena harganya jauh lebih rendah dibandingkan mesin bus buatan Eropa misalnya Mercedes. Secara penampilan, mesin bus Hino terbaru ini memang memiliki kemiripan dengan mesin-mesin sebelumnya. Maka tidak heran jika Anda tidak mudah untuk membedakan keduanya.

Kepopuleran Hino tentu sudah bukan hal baru lagi di Indonesia. Tengok saja di jalanan tanah air maka Anda akan dapat dengan mudah menemukan bus Hino RK khususnya di wilayah Pulau Jawa dan Sumatra. Termasuk jika Anda tengah berada di Jogja, maka ketika Anda membutuhkan untuk Rental bus Jogja, kemungkinan besar Anda akan ditawarkan bus bermesin Hino. Hal ini tentu merupakan tawaran yang sayang untuk ditolak karena bus dengan mesin ini terjamin performa, keamanan dan kenyamanannya. Selama perjalanan mengelilingi Jogja dan mengunjungi berbagai lokasi wisata terbaik, Anda akan merasa aman dan nyaman. Terutama dengan adanya fitur hiburan di dalam bus untuk menjamin perjalanan Anda jauh lebih menyenangkan.

Mesin bus Hino RN 285 ini memang dirancang sebagai suksesor dari mesin sebelumnya yang masih eksis hingga tahun 2007. Mesin lawas ini dikenal dengan nama Hino RG dan Hino RKT. Mesin ini terbukti handal dan dapat digunakan di berbagai jenis medan termasuk di medan yang sulit sekalipun. Dengan harga yang lebih terjangkau dibanding mesin bus Eropa, maka tidak heran jika banyak perusahaan penyedia jasa transportasi lebih memilih Hino untuk sebagian besar armadanya. ( baca sewa bus double decker Jogja )

Salah satu pilihan mesin yang lain adalah RK8 yang saat ini banyak dijual untuk pasar bus nusantara. Mesin tipe ini tersedia dalam dua pilihan yang berbeda berdasarkan kemampuan tenaganya. Dua pilihan tersebut yakni yang berkapasitas CC menengah dan atas. Secara keseluruhan, RK memiliki panjang yang lebih besar dibandingkan Hino RKT. Sama halnya dengan suara mesin yang lebih halus. Tidak heran jika keduanya sangat bisa dihandalkan untuk dipacu di jalanan dengan tanjakan curam. Bahkan di tanjakan curam sepanjang tol Cipularang pun, mesin bus ini tetap mampu melaju kuat tanpa hambatan.

Dengan berbagai spesifikasi unggulan serta performa yang memuaskan, maka tidak salah untuk memilih mesin bus Hino terbaru untuk melengkapi koleksi armada transportasi Anda. Hal ini dijamin dapat mengundang kepuasan pelanggan Anda.

Tulis Komentar Anda

Tulis Komentar Anda

Produk Terlaris

Tulis Komentar Anda

Tulis Komentar Anda

Call Now
WA
IM3
BB
Email
Email